Rabu, 08 April 2015

Filled Under: ,

Menteri BUMN Rini Menangis di Hadapan Petani Jember

Share
SURYAMALANG.COM, JEMBER - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Mariani Soemarno menahan tangis saat berpidato di depan ribuan petani dan jajaran direksi PT Perkebunan Nusantara di Padepokan Arum Sabil Desa Tanggul Kulon. Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, Selasa (7/4/2015).
Situasi hening mengiringi tangis menteri perempuan itu di Jember. Kondisi ini membuat suasana terharu beberapa saat. Ribuan petani hanya menatap diam.
Ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Arum Sabil akhirnya membawakan air putih kepada Rini. Rini sempat berhenti berpidato sambil menahan isak.
"Maaf saya terharu, saya juga sedih mendengar cerita teman-teman petani tebu," ujar Rini.
Rini menangis juga karena teringat perjuangan petani tebu tahun 2001 saat dirinya menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan. Ketika itu dirinya didemo oleh ribuan petani tebu.
"Terus waktu itu kantor saya ditumpuki tebu, kalau gula sih enak bisa saya ambil buat minum teh," ujar Rini yang kini mulai bisa menguasai keadaan.
Mengingat keluhan dan perjuangan petani tebu kala itu, Rini terenyuh. Kini ia pun kembali sedih karena nasib petani tebu hampir mirip di tahun itu kalau tidak segera ada solusi dari pemerintah.
"Saya sudah bilang kepada dirut-dirut PTPN agar bahu membahu, kerjasama erat untuk menyejahterakan petani tebu, karyawan, juga menyehatkan PG," tegas Rini.
Jika petani dan PG bersatu padu, dirinya menantang Indonesia bisa swasembada gula tahun 2019.
Saat berpidato itu, Rini juga mengaku kaget melihat foto dirinya ada di spanduk panggung acara itu.
"Tapi petani tebu sekarang ganteng-genteng. Tidak seperti tahun 2001 lalu yang kayak preman," imbuhnya disambut tawa.

Sumber: suryamalang.com

0 komentar:

Posting Komentar